PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

Selamat Datang di MTS AL-KHOIROT

10 Alasan Memilih Pendidikan Di Pondok Pesantren Al-Khoirot


      1. Pemisahan Santri Putra dan Putri
Pondok Pesantren Al-Khoirot yang memiliki unit Madrasah Tsanawiyah, Aliyah dan Diniyah, menganut sistem segregsi (pemisahan) antara santri putra dan santri putri. Sistem ini jauh lebih baik dari sistem yang mencampur siswa dalam proses pembelajarannya ditinjau dari segi ilmiah, syari’ah dan menurunkan potensi pelanggaran atau terjadinya tindak asusila.
Pemisahan ini meliputi :
a.       Tempat Belajar
Gedung tempat pelaksanaan pembelajaran dibangun terpisah dan berjarak agak jauh, khusus santri/siswa putri menempati gedung madrasah yang tertutup dari akses umum, seperti jalan raya
b.      Tenaga Pengajar
Santri putra dibimbing oleh guru putra/ustadz dan begitupula santri putri dididik dan dibina oleh guru putri/ustadzah.
c.       Staf dan Pengelola
Kepala Tata Usaha dan Staf Tata Usaha terpisah antara putra dan putri, walaupun pusat data dan pengelolaan tetap ditempatkan di lokasi putra. Sistem komunikasi tetap terjaga dengan menggunakan Sistem Informasi baik Internet, telepon atau handphone. Untuk pengiriman data yang diperlukan, digunakan tenaga khusus atau orang/santri yang dipercaya oleh pengasuh pesantren sebagai jasa pengirim berkas dan juga menggunakan Email.
2    2.  Sistem Satu Atap
Seluruh siswa dan siswi MTs (Madrasah Tsanawiyah) atau MA (Madrasah Aliyah) dididik dan dibina selama 24 jam setiap hari dengan berbagai aktifitas di madrasah formal di pagi hari dilanjutkan dengan pembelajaran di madrasah diniyah dan kepesantrenan di siang hingga malam hari. Karena siswa yang belajar di MTs ataupun MA wajib menjadi santri Pondok Pesantren Al-Khoirot,  tidak akan diterima calon siswa yang mendaftar hanya untuk bersekolah di madrasah formal saja.
3    
      3.  Mahir Baca Kitab Kuning
Seluruh siswa MTs dan MA Al-Khoirot, atau santri yang sudah lulus pada madrasah formal, apabila berhasil menyelesaikan program Madrasah Diniyah hingga tingkat Wustho 2 (setara dengan kelas 6 atau belajar selama 6 tahun), insyaAlloh dijamin dapat membaca seluruh kitab klasik yang yang dikenal dengan kitab kuning atau kitab gundul.
4
      4.  Mampu Berbahasa Arab Aktif
Di luar jam belajar formal, siswa dididik dalam program bahasa Arab setiap pagi, baik secara teori maupun praktik yang mengajarkan siswa untuk berbicara dalam percakapan menggunakan bahasa Arab.
5
      5.  Pengajian oleh Pengasuh Pesantren
Seluruh siswa wajib mengikuti pengajian rutin oleh Pengasuh Pesantren Al-Khoirot diantaranya Kitab Tafsir Jalalain, Hadist Shahih Bukhari, Al-Umm Imam Syafi’i, Iqna’, Muhadzdzab, Fathul Wahab, Faidhul Khabir, Ibnu Aqil, Al-Hikam selama seminggu penuh.
6
      6.  Murattal atau Tartil Al-Qur’an
Setiap selesai Shalat maghrib, siswa membaca Al-Qur’an dibimbing oleh muallim didikan dari PIQ (Pesantren Ilmu Al-Qur’an) Singosari.
7
      7.  Tahfidzul Qur’an
Program ini tidak diwajibkan untuk seluruh siswa, namun sebagian besar santri dengan sukarela mengikuti program tahfidz dengan alasan penghafal Al-Qur’an akan hidup mulia disisi umat manusia dan di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.
8
      8.  Mandiri Finansial
Kursus intensif life skill bagi siswa memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan berlatih ketrampilan tertentu seperti instalasi komputer, teknologi informatika, elektronika, sablon, potong rambut, tata busana (menjahit, bordir, rajut, dsb), tata boga, peternakan, pertanian, pertukangan, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar santri memiliki bekal yang dapat dimanfaatkan saat berada di lingkungan masyarakat.
9
      9.  Mandiri Perilaku
Kehidupan yang terpisah dari orang tua dan keluarga diharapkan agar siswa dapat mandiri dan mengurus diri sendiri tanpa harus selalu dibantu orang tua, agar terbentuk pribadi yang tidak manja. Karena santri adalah calon generasi yang akan menjadi pemimpin di masa mendatang dengan akhlak dan kepribadian yang baik.
1
      10. Biaya Terjangkau

Program Pengajaran dan pembelajaran yang dilakukan dengan fasilitas yang tersedia, tidak selalu harus meminta biaya yang tinggi atau mahal. Mungkin MTs atau MA Al-Khoirot adalah salah satu madrasah yang termurah meskipun bukan yang paling murah.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : PP. Al-Khoirot | Konsultasi Syariah Islam | KKI al-Khoirot
Copyright © 2015. MADRASAH TSANAWIYAH AL-KHOIROT - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by Eko Wahyudi
Proudly powered by Blogger