PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

Selamat Datang di MTS AL-KHOIROT

WORKSHOP RENCANA KERJA MADRASAH

PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA KERJA MADRASAH (RKM)


Back to Utami Hotel atau kembali ke Hotel Utami, bukan bertujuan untuk jalan-jalan atau menginap dan gratis tetapi merupakan lanjutan dari Pelatihan Effective School Improvement (ESI) yang dilakukan sebelumnya. Kegiatan kali ini berjudul Pelatihan Penyusunan Rencana Kerja Madrasah (RKM) yang dilaksanakan mulai hari Rabu hingga sabtu pada tanggal 26 – 29 Nopember 2014. Perwakilan MTs Al-Khoirot terdiri dari Eko Wahyudi (Kepala Madrasah), Mohammad Yasin (Ketua Komite Madrasah) dan Samsul Huda (Waka urusan Sarana dan Prasarana).
Pada pelatihan kali ini membahas langkah-langkah penyusunan RKM, mulai dari pembahasan Evaluasi Diri Madrasah, cara menentukan keadaan madrasah yang sebenarnya atau dapat diistilahkan muhasabah diri madrasah, mencatat semua kekuatan dan kelemahan serta rekomendasi atau tujuan yang ingin dicapai untuk memperbaiki kondisi madrasah yang masih kurang. Selanjutnya Evaluasi Diri Madrasah digunakan sebagai langkah penyusunan RKM.
Rencana kerja madrasah diawali dengan mencantumkan seluruh kekuatan, kelemahan dan rekomendasi ke dalam gambaran kondisi madrasah saat ini, kemudian gambaran tersebut dianalisis untuk menetapkan tujuan 4 tahun mendatang, harapan yang diinginkan oleh madrasah. Kemudian ditetapkan tantangan, sasaran, program , penanggungjawab program kegiatan, terakhir ditetapkan rancangan anggarannya untuk menentukan sumber dan alokasi dana sehingga program dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Beberapa hal yang didapatkan dari Pelatihan RKM tersebut antara lain, Pertama, mengisi EDM itu tidak sulit dengan cara siapkan bukti fisiknya, catat kekuatan dan kelemahan, tulis rekomendasinya. Kedua, menyusun RKM itu tidak sukar, cantumkan semua hasil analisis yang ada dalam EDM, tetapkan tujuan atau harapan madrasah 4 tahun ke depan, tetapkan sasaran dan programnya, tentukan penanggungjawab program serta jadwal kegiatan, susun anggaran untuk mengetahui sumber dan alokasi dananya, dan terakhir laksanakan program yang sudah disusun dengan sebaik-baiknya. Yang sangat penting untuk diingat adalah Rencana kerja madrasah yang otentik dan benar-benar disusun oleh madrasah, bukan kopi pasti atau pasti kopi turunan dari Copy Paste milik madrasah/sekolah tetangga, maka proses pengembangan madrasah akan berjalan sesuai harapan.

Pembukaan Pelatihan RKM

Tim Perwakilan MTs Al-Khoirot

Kiri ke kanan : Eko Wahyudi, Moh. yasin dan Samsul Huda

Mengerjakan tugas mandiri EDM dan RKM

Rehat menyisihkan rasa penat

Konsultasi dengan master trainer Pak Agus

Tim kolektor bintang  terbanyak karena kompak dan aktif swelama pelatihan
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : PP. Al-Khoirot | Konsultasi Syariah Islam | KKI al-Khoirot
Copyright © 2015. MADRASAH TSANAWIYAH AL-KHOIROT - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by Eko Wahyudi
Proudly powered by Blogger