DOKUMENTASI KELULUSAN TAHUN 2014


MOMEN "GUNDUL SYUKUR"
SISWA MTs. AL-KHOIROT
PAGELARAN, 14 JUNI 2014




     Momen "Gundul Syukur" adalah acara yang sudah direncanakan untuk dilaksanakan saat pembagian surat pengumuman kelulusan bagi siswa kelas IX (sembilan) Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot Karangsuko tahun palajaran 2013/2014. Sudah dapat dibayangkan dari judulnya, pasti sasarannya ialah rambut kepala para siswa yang jadi sasaran untuk dicukur habis alias gundul. 
Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu tanggal 14 Juni 2014, mulai pukul 09.00 WIB hingga 10.30 WIB di halaman Madrasah Tsanwiyah Al-Khoirot. Walaupun suasana panas berdebu, siswa digundul kepalanya dengan suasana riang, meskipun sebenarnya ada yang tidak mau karena akan merasa malu bila kepalanya nanti tanpa rambut. Secara bergantian guru mencukur dengan hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan akibat gunting yang cukup tajam melukai anggota tubuh siswa.
     Momen "Gundul Syukur" dilakukan dengan tujuan agar siswa merasa ada kenangan tersendiri berkaitan dengan kelulusannya dari jenjang madrasah tsanawiyah. Selain itu pula, kegiatan tersebut dapat dijadikan alternatif dan pencegahan dari aktifitas yang sia-sia dan kemaksiatan dibandingkan dengan melakukan coret-coret baju seragam, menginap di tepi pantai, atau bahkan melakukan hubungan bebas bersama lawan jenis. Mencukur rambut bisa juga dikonotasikan sebagai suatu tanda untuk membersihkan kepala dari pikiran negatif, membuka pikiran untuk menerima hal yang baru di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan bisa juga berguna untuk mengusir ketombe karena rambut di kepala sudah bersih.
    Guru dan Kepala Madrasah berharap momen ini dapat diingat sebagai suatu pesan, bahwa siswa senantiasa membersihkan pikiran agar juga terbawa menjadi bersihnya hati, sebagai bekal nantinya terjun di lingkungan yang baru dengan membawa etika moral, akhlak yang mulia, bukan malah membawa teladan yang buruk di jenjang pendidikan yang lebih tinggi nantinya.













0 Komentar